KOPI ADALAH SUGESTI

Sebagain besar dari kita mungkin mengkonsumsi kopi sebagai obat penghilang kantuk. Kopi emngandung kafein, yang sifatnya memacu jantung supaya berdetak lebih cepat, dan efeknya orang jadi lebih semangat buat kerja lagi (maksa, sih, soalnya jantung dipaksa kerja lebih dan hasilnya badan kita mesti kerja lagi)

Tapi pengkonsumsian kopi kian berkembang. Dari awalnya sebagai obat penghilang kantuk, teman saat santai, dan bahkan menjadi suatu ritual harian. Seperti yang saya alami, awalnaymengkonsumsi kopi sebagai penghilang kantuk. Tapi lama-kelamaan minum kopi tidak menghilangkan rasa kantuk, karena pada akhirnya rasa kantuk itu bisa dikendalikan dan tidak butuh kopi sebagai penghilang rasa kantuk. Namun ada masalah baru, yaitu kopi menajdi sebuah candu!

Ya, jadi pecandu kopi. Rasanya hari gak bisa disebut hari kalo gak ngopi. Apalagi kalo sedang kerja, tanpa kopi serasa badan tanpa arwah. Dan anehnya, kopi lama-lama menajdi satu sugesti untuk melakukan sesuatu. POkoknya kalo mau kerja, harus ngopi. Kalo mo ngejar dateline, harus ngopi. Kalo mau lembur, kopi mestinambah.

Begitulah, pecandu kopi. Kalo algi normal cukup segelas sehari. Tapi kalo overload bisa 5 atau malah 8 gelas sehari. KOpi emang biokin kecanduan, tapi kenapa ya gak ada fatwa haram kecanduan kopi dari MUI???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILUSTRATOR, KARTUNIS, STORIBORDIS, DAN KOMIKUS ADALAH PROFESI YANG BERBEDA; TINJAUAN KOMIK DI DALAM MEDIA (part 1 of 2)

Komik Juki&Friends: Persahabatan di Negeri Cermin

Aku diam, bukan tak peduli